Senin, 31 Maret 2014

KARIR PNS LEBIH TERJAMIN DENGAN PROMOSI JABATAN SECARA TERBUKA

Print Friendly and PDF
“Promosi jabatan secara terbuka akan mendekatkan pada merit system, sehingga karir PNS (Pegawai Negeri Sipil) lebih terjamin,” kata Eko Prasojo Wakil Menteri PAN-RB.



Berdasarkan Wikipedia (http://en.wikipedia.org/wiki/Spoils_system),  merit system adalah proses mempromosikan dan mempekerjakan karyawan pemerintah yang didasarkan pada kemampuan mereka untuk melakukan pekerjaan, bukan pada koneksi politik mereka.  Kebalikannya yaitu sistem rampasan (juga dikenal sebagai sistem patronase ) adalah praktik di mana partai politik, setelah memenangkan pemilu, memberikan pekerjaan pemerintah untuk pendukungnya, teman dan kerabat sebagai hadiah untuk bekerja menuju kemenangan, dan sebagai insentif untuk tetap bekerja untuk partai.

Di Amerika, prinsip-prinsip merit system sudah diterapkan sejak tahun 1978 dan telah dituangkan menjadi undang-undang pada bagian 2301 dari judul 5, United States Code.  Sedangkan di Indonesia, sampai dengan tahun 2014 sebagaian besar pemerintah daerah dan pemerintah pusat masih belum menerapkan merit system dalam promosi jabatan.   Walaupun pada rekrutment CPNS tahun 2013 telah di klaim oleh Kementerian PAN-RB sebagai rekrutmen CPNS dengan merit system, benarkah....???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik. Blog ini mengaktifkan fitur moderasi. Komentar bersifat spam tidak akan dipublikasi