Senin, 19 Mei 2014

PERANG TAGLINE CAPRES JOKOWI VS PRABOWO : INDONESIA HEBAT VS INDONESIA RAYA

Print Friendly and PDF
Pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo - Jusuf Kalla (Jokowi-JK) menggelorakan semboyan atau tagline "Indonesia Hebat".  Sedangan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa (Prabowo-Hatta) mengusung slogan atau tagline "Kerja Nyata untuk Indonesia Raya".  Mari kita telaah apa makna dari kedua penggalan kata yang diusung oleh kedua capres-cawapres tersebut.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hebat berarti he·bat /hébat/ a terlampau, amat sangat (dahsyat, ramai, kuat, seru, bagus, menakutkan, dsb): pertempuran itu -- sekali; kedua orang itu menampilkan permainan yg --; gempa bumi yg --;  Jadi "Indonesia Hebat" artinya Indonesia yang dahsyat, kuat, bagus, seru, dan ramai.  Saya kira kita semua dapat menterjemahkan sendiri apa itu Indonesia yang Dahsyat, Indonesia Kuat, Indonesia yang bagus, dan seterusnya.

 Sedangkan "raya" mengandung arti ra.ya [a] besar (terbatas pemakaiannya); alam (jagat) --; badak --; hari --; jalan --; purnama --; rimba -- Jadi Indonesia raya artinya Indonesia yang besar.  Kerja nyata (tidak bo'ong-bo'ongan) untuk Indonesia yang besar.

Bagi anda yang belum menentukan pilihan, silahkan cerna kedua tagline dari kedua capres-cawapres tersebut, siapa tahu anda dapat segera menentukan pilihan setelah mengenali dan memahami pesan-pesanya lewat tagline/slogan yang mereka usung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik. Blog ini mengaktifkan fitur moderasi. Komentar bersifat spam tidak akan dipublikasi