Senin, 24 Maret 2014

Baru 4 tahun lagi PNS digaji berdasar kinerja

Print Friendly and PDF
Pemerintah selalu mencoba meyakinkan semua pihak bahwa reformasi birokrasi tengah berjalan. Salah satunya terkait dengan kinerja aparatur negara atau pegawai negeri sipil. Namun butuh waktu yang sangat panjang untuk membenahi masalah birokrasi di negeri ini.
Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) menyebut, untuk mencapai tatanan birokrasi dinamis butuh waktu lebih dari 10 tahun dari saat ini. Indonesia baru bisa menerapkan birokrasi dinamis seperti Singapura pada 2025. Untuk mencapai itu, pada 2018 akan diterapkan based birokrasi.
Wakil MenteriPAN RB Eko Prasojo menjelaskan, based birokrasi artinya gaji yang diterima PNS berdasarkan kinerja.
Sehingga, tidak akan berlaku seperti saat ini di mana dengan level yang sama tetapi kualitas kerja berbeda mendapatkan gaji yang sama.
"Nanti setiap individu kita nilai kinerja, position based dan performance based untuk gaji. Bisa saja income lebih kecil dari yang berkinerja. Sekarang kan enggak, orang tidak melihat kinerja," jelas Eko di kantornya, Senin (24/3).
Berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), PNS yang tidak berkinerja maksimal akan diberhentikan. Mekanisme pemberhentian melalui Surat Pemberitahuan (SP) pertama, kedua, ketiga dengan jangka waktu 6 bulan.
Selain itu, dalam UU ASN yang baru akan ada pemindahan jabatan struktural ke fungsional. Dia mencontohkan, dari jabatan struktural selama ini jumlahnya telah berlebih, sedangkan jabatan fungsional selalu minim. Maka dimungkinkan adanya peralihan.
"Over dari sisi jumlah, under dari sisi spesialis. Berbasis pada fungsional, berapa auditor dibutuhkan, dosen, Berapa penjaga hutan, pengawas lingkungan dan guru dibutuhkan, itu harus bisa dihitung, Pemerintah daerah yang menghitung," imbuhnya.
Eko mengaku selain memperbaiki sistem prosedur, pekerjaan rumah yang lebih besar adalah memperbaiki kualitas SDM yang dimiliki. Diakui, program tersebut bukan kebijakan satu malam tetapi jangka panjang.
"Ini memang silent operation, kalau gagal diumpat kalau berhasil enggak dipuji," katanya.
Sumber : http://id.berita.yahoo.com/baru-4-tahun-lagi-pns-digaji-berdasar-kinerja-072140065.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik. Blog ini mengaktifkan fitur moderasi. Komentar bersifat spam tidak akan dipublikasi