Selasa, 03 Juni 2014

JOKOWI-JK VS PRABOWO-HATTA, SIAPA YANG PALING POPULER?

Print Friendly and PDF

Menjelang kampanye pilpres 2014, pasangan capres Prabowo-Hatta dengan nomor urut 1 dan pasangan capres Jokowi-JK dengan nomor urut 2 mulai ramai menghiasi halaman-halaman surat kabar, siaran televisi, siaran radio dan celotehan di jejaring sosial.  Sampai-sampai ada surat kabar dan statsiun televisi tertentu yang secara khusus menyiarkan tentang keburukan-keburukan pasangan capres tertentu, tetapi ada juga surat kabar dan statsiun televisi yang sebaliknya yang secara khusus menampilkan kebaikan-kebaikan dari pasangan capres tertentu pula.

Untuk mengukur popularitas kedua pasangan capres 2014 tersebut, secara sederhana, kita bisa dengan mudah untuk mengetahuinya.  Dengan menggunakan kata kunci "jokowi", "prabowo", "jusuf kalla", "hatta rajasa", "jokowi-jk", "prabowo-hatta", "visi misi jokowi-jk" dan "visi misi prabowo-hatta" maka mesin pencari kata "mbah google" dengan kecepatan supercepat akan menampilkan angka jumlah pencarian kata kunci tersebut melalui mesin ini.  Kalau kita asumsikan angka jumlah pencarian kata kunci tersebut sebagai mewakili jumlah orang/penggemar yang menyukai kata kunci yang dicarinya, maka angka jumlah pencarian kata kunci yang terbanyak berarti dia yang paling populer.

Berdasarkan hasil pencarian dengan mesin "mbah google" dengan menggunakan kata kunci di atas dan dilakukan pada tanggal 3-6-2014 jam 13.30 wib diperoleh hasil sebagai berikut :

1. Kata kunci :"Jokowi" jumlah pencarian 19.800.000
2. Kata kunci: "Prabowo" jumlah pencarian 16.800.000
3. Kata kunci :"Jusuf kalla" jumlah pencarian 1.230.000
4. Kata kunci :"Hatta rajasa" jumlah pencarian 936.000
5. Kata kunci :"Jokowi-JK" jumlah pencarian 7.060.000
6. Kata kunci :"Prabowo-Hatta" jumlah pencarian 5.310.000
7. Kata kunci :"Visi Misi Jokowi-JK" jumlah pencarian 702.000
8. Kata kunci :"Visi Misi Prabowo-Hatta" jumlah pencarian 936.000

Dengan empat pasang kata kunci tersebut, pasangan capres Jokowi-JK lebih populer dibandingkan pasangan capres Prabowo-Hatta, karena pasangan dengan nomor urut 2 tersebut unggul tiga point yaitu pada kata kunci capres, cawapres dan gabungan capres-cawapres.  Sedangkan pasangan capres Prabowo-Hatta yang memiliki nomor urut 1 hanya unggul pada poin kata kunci visi-misi saja.  Dengan demikian visi-misi pasangan capres Prabowo-Hatta merupakan visi misi yang terpopuler.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik. Blog ini mengaktifkan fitur moderasi. Komentar bersifat spam tidak akan dipublikasi