Rabu, 24 September 2014

Shodaqoh untuk Kehidupan

Print Friendly and PDF
Berdasarkan hadits riwayat Abu Daud ra, Nabi Muhammad saw bersabda, "Didalam diri setiap manusia terdapat 360 sendi, dan ia wajib menunaikan satu sedekah bagi setiap sendi.”  Di lain hadits Rosullulah saw bersabda, “Sesungguhnya setiap manusia dari kalangan anak Adam diciptakan dengan 360 sendi. Barangsiapa yang bertakbir memahabesarkan Allah, bertahmid memuji Allah, bertasbih menyucikan Allah, dan beristighfar memohon ampunan kepada Allah, menyingkirkan batu dari jalanan, atau (menyingkirkan) duri atau tulang dari tengah jalanan, memerintahkan kebaikan, dan mencegah kemungkaran, sejumlah 360 sendi tersebut, maka hari itu ia telah berjalan sambil menjauhkan dirinya dari neraka.” (HR. Muslim).

Hadits berikutnya dalam HR. Muslim dinyatakan bahwa, "Setiap tasbih adalah shodaqoh, setiap takbir shodaqoh, setiap tahmid shodaqoh, setiap amar ma'ruf adalah shodaqoh, nahi munkar shodaqoh dan menyalurkan syahwatnya kepada istri juga termasuk shodaqoh".  Dan pada riwayat hadits yang sama, Nabi Muhammad saw bersabda, "Tidaklah akan berkurang harta yang dishodaqohkan". 

Hadits-hadits di atas menunjukkan bahwa tubuh manusia ditopang oleh 360 persendian, mulai dari persendian yang terdapat di tulang punggung (vertebrae) yang berjumlah 147 persendian,  persendian sekitar dada (thorax) berjumlah 24 persendian, persendian yang meliputi tulang-tulang tangan, pergelangan tangan, siku tangan dan bahu berjumlah 86 persendian, persendian yang meliputi tulang-tulang kaki, mata kaki, lutut dan paha berjumlah 92 persendian serta persendian yang ada pada tulang ekor, tualang pangkal paha dan simfisis pubis (pubic symphysis) sebanyak 11 persendian.  Setiap hari, masing-masing persendian minta shodaqoh. 

Shodaqoh yang paling ringan adalah mengucapkan takbir, bertahlil, bertahmid, bertasbih dan beristigfar memohon ampun kepada Allah swt.  Dan shodaqoh harta yang paling ringan adalah mengeluarkan uang 500 rupiah untuk dishodaqohkan kepada orang lain.  Karena uang 500 rupiah setara dengan shodaqoh setengah biji kurma, sebagaimana hadits riwayat Muslim r.a, Nabi Muhammad saw bersabda, “Takutlah kalian terhadap api neraka meskipun (bersedekah) hanya dgn setengah biji kurma".

Selain itu, shodaqoh juga bisa membersihkan jiwa dan harta kita.  Dengan shodaqoh di akhir bulan suci Ramadhan (zakat fitrah), maka jiwa kita akan bersih dan suci.  Dan dengan shodaqoh harta (zakat mal), maka harta kita akan menjadi bersih dan bertambah/berkembang.  Sebagaimana firman Allah swt dalam Surat Al-Baqarah ayat 261, Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui".

Jadi, dengan shodaqoh tubuh kita akan menjadi sehat karena setiap persendian yang ada di tubuh kita telah diberikan shodaqohnya.  Kemudian jiwa kita pun akan menjadi bersih dan suci, karena telah diberikan shodaqohnya.  Selanjutnya harta kita pun akan menjadi bersih sehingga akan menyehatkan tubuh dan menjadi barokah bila kita memakannya. Disamping itu harta kita juga akan menjadi tumbuh dan berkembang menjadi lebih banyak dan lebih banyak lagi karena shodaqoh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik. Blog ini mengaktifkan fitur moderasi. Komentar bersifat spam tidak akan dipublikasi