Selasa, 23 September 2014

Pakta Integritas

Print Friendly and PDF

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), "Pakta" mengandung arti perjanjian dan "Integritas" bermakna mutu, sifat, atau keadaan yg menunjukkan kesatuan yg utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yg memancarkan kewibawaan; kejujuran.  Dengan demikian "pakta integritas" merupakan janji kejujuran seseorang yang dituangkan dalam bentuk perjanjian tertulis untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab sesuai ketentuan yang berlaku.  Tujuan akhirnya, untuk mencegah tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Mengapa perlu ada pakta integritas? Pakta integritas dibutuhkan, disamping untuk mencegah tindakan KKN, juga diperlukan untuk mendapatkan kembali kepercayaan publik, meningkatkan kredibilitas lembaga/instansi/perusahaan, meningkatkan kinerja, menciptakan iklim kerja yang sehat dan kondusif dan mencegah kebocoran keuangan.  Dan bukan sebaliknya, pakta integritas dijadikan sebagai tameng untuk melindungi diri dan sebagai sarana untuk membersihkan citra buruk seseorang di mata publik yang  integritasnya sudah benar-benar sangat buruk.

Pakta integritas sesungguhnya sangat diperlukan bagi orang-orang yang memiliki kepribadian yang integritasnya masih diragukan. Bagi orang-orang seperti itu, pakta integritas dapat dijadikan sebagai alat kendali dalam bekerja dan bertindak. Sebaliknya, bagi orang-orang yang telah memiliki kepribadian yang berintegritas tinggi, pakta integritas hanya dipakai sebagai alat  penguat terhadap tekad atau janjinya untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sesuai peraturan yang berlaku. Jadi bagi orang-orang yang memiliki kepribadian yang berintegritas tinggi, sebenarnya tidak diperlukan lagi adanya pakta integritas. Karena didalam diri mereka sudah tertanam kejujuran, kebenaran,  tekad atau janji untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab sesuai aturan hukum yang berlaku.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik. Blog ini mengaktifkan fitur moderasi. Komentar bersifat spam tidak akan dipublikasi